tIng tOng

tIng tOng

Wednesday, October 19, 2011

kenapa harus ada musibah?

Pengertian yg paling sederhana dari musibah adalah " mengalami sesuatu yg membuat dada sakit,membuat hati sedih,membuat air mata mengalir dll". dan musibah dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok
1)Mendapat apa yg tidak diinginkan
2)Tidak mendapatkan apa yg diinginkan

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu,dgn sedikit ketakutan,kelaparan,kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kpd org2 yg sabar" (QS.Al Baqarah :155)

Dalam firman Allah di atas juga disinggung kata "sedikit". Memang semua yg diberikan Allah kpd manusia hanyalah sedikit saja karena Allah tahu manusia tidak mampu menanggung beban yang berat dalam kehidupan ini. Dan kita harus tahu setiap ujian yang diberikan kepada kita itu semuanya yg mampu kita hadapi.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dgn kesanggupannya (QS Al Baqarah :286)"


Dan kita harus benar2 yakin bahwa setiap yang berlaku dalam hidup kita itu telah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Jika sesuatu itu memang milik kita,susah macam mana sekalipun,pasti datang dan menjadi milik kita.Namun jika sesuatu itu bukan untuk kita,sesenang mana pun,yang pasti,tidak datang jua.

"Tidak ada 1 bencana pn yg menimpa di bumi dan dirimu sendiri,melainkan sudah tertulis dlm kitab (Lauhul Mahfuz) sblm Kami menciptakanya. sesungguhnya yg demikian itu adalah mudah bg Allah"(QS.Al Hadid :22)

"agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yg luput dari kamu,dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang Diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap org yg sombong dan membangga diri" (QS.Al Hadid :23)

Tapi tenanglah wahai kawan2ku. Memang jika kita sedang ditimpa masalah,otak dan hati kita sukar untuk berfikir dengan benar sehingga cenderung untuk berfikir buruk dan berprasangka yg tidak baik kepada Allah.

Sesungguhnya di balik semua musibah dan kesedihan yang diberikan Allah kepada manusia tersimpan suatu hikmah dan rahmat yg besar yg kadang tidak disadari oleh manusia itu sendiri. Antara hikmah yg diberikan Allah di balik musibah :

1)untuk menguji iman manusia
2)untuk mematangkan diri manusia
3)untuk memperingati manusia atas dosa-dosanya
4)untuk mengobati hati yg sombong dan takabur
5)untuk memberikan pahala dan rahmat yang besar

"Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan)" (QS: Al-Insyiqaaq:19)

Jika kita ke sekolah, untuk naik kelas atau tingkat yg lebih tinggi, kita harus mengikuti ujian terlebih dahulu. begitu juga dalam hidup yg Allah ciptakan ini.Dalam beberapa titik-titik tertentu dalam kehidupan kita, Allah memberikan beberapa ujian yang kesemuanya itu sebenarnya dimaksudkan utk meningkatkan "kelas" kita.

Dan jika kita benar-benar dapat melihat bahwa setiap ujian yg diberikan itu adalah salah satu proses untuk pematangan diri. misalnya seseorang yg diberikan tantangan berat terpaksa harus mampu menyesuaikan dirinya untuk mengatasi tantangan tersebut. dia harus boleh melakukan apa saja yg menurutnya terbaik untuk lepas dari kesedihan dan musibah tersebut. dia harus belajar menerima keadaan, belajar mengalah, sabar , belajar mengatasi masalah dan menjadi dewasa.

jika dia mampu melewati suatu musibah dengan baik, beerti kematangan dirinya akan bertambah. tetapi jika dia hanya mampu menangis, bersedih dan mengeluh, itu beerti dia belum mampu untuk menjadi dewasa akan keadaan yg terjadi di sekitarnya.

Akhir kata, semoga notes ini bermanfaat buat semua yg sedang bersedih hati @ yg sedang diuji. insyaAllah jika kita dapat bersabar sedikit dan senantiasa melihat kepada kebesaranNya,maka insyaAllah terubat hati kita dan kita tahu bagaimana untuk mengatasi setiap apa yg berlaku dalam hidup kita.amin..=)

Dan janganlah kamu merasa lemah, dan janganlah pula bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman. (3:139)


(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. (q.s Ar-Ra'du 13:28)


Wallahu a'lam

No comments:

Post a Comment